Ads 468x60px

Selasa, 27 November 2012

Pengurus, Keanggotaan dan Prosedur Pembentukan Pengurus KKG/MGMP

Pengurus KKG dan MGMP
Organisasi KKG atau MGMP di dalam  pelaksanaan kegiatan memiliki kepengurusan organisasi dengan contoh sebagai berikut. 

1. Ketua KKG/MGMP merangkap anggota
2. Sekretaris KKG/MGMP merangkap anggota. 
3. Bendahara KKG/MGMP merangkap anggota. 
4. Bidang-bidang kepengurusan merangkap anggota. 
5. Anggota.

Keanggotaan dan Prosedur Pembentukan Pengurus KKG atau MGMP
Keanggotaan dan Kepengurusan  KKG atau  MGMP dibentuk berdasarkan kesepakatan  anggota KKG/MGMP. Di dalam penentuan kepengurusan KKG atau MGMP, perlu memperhatikan kesetaraan gender. Penetapan pengurus dimaksud dapat dilaksanakan sebagai berikut.

  1. Anggota KKG berasal dari guru sekolah negeri atau swasta di beberapa SD/MI/SDLB yang berasal dari 8-10 sekolah atau disesuaikan dengan kondisi setempat yang merupakan guru kelas atau guru bidang studi penjasorkes dan pendidikan agama.
  2. Anggota MGMP berasal dari guru mata pelajaran yang sama dari beberapa SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, SMK/MAK yang berasal dari 8-10 sekolah atau disesuaikan dengan kondisi setempat.
  3. Keanggotaan KKG atau MGMP diawali dengan pengisian biodata peserta  yang selanjutnya setelah diisi diserahkan kepada pengurus KKG atau MGMP.
  4. Pengurus menghimpun biodata anggota sebagai database keanggotaan KKG atau  MGMP di wilayahnya.
  5. Ketua  KKG dipilih oleh anggota dalam rapat anggota dan disahkan melalui Surat Keputusan UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten (di Kecamatan). Sedangkan ketua  MGMP dipilih oleh anggota dalam rapat anggota dan disahkan melalui Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  6. Setelah pemilihan Ketua KKG atau  MGMP, selanjutnya dilakukan penyusunan kepengurusan KKG atau  MGMP. Kepengurusan KKG atau  MGMP ini dapat meliputi ketua, seketaris, bendahara, dan bidang-bidang kepengurusan disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing KKG atau  MGMP.
  7. Setelah pengurus terpilih dan susunan pengurus telah lengkap, ketua terpilih  mengusulkan susunan pengurus KKG kepada UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten (di Kecamatan) untuk disahkan. Sedangkan usulan susunan dan pengesahan pengurus MGMP dilakukan  oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  8. Kepengurusan KKG atau MGMP memiliki masa kerja selama empat tahun dan dapat dipilih kembali setelah masa kerja selesai.
Prosedur pembentukan keanggotaan dan pengurus KKG dan MGMP di atas secara ringkas dilaksanakan mengikuti langkah-langkah seperti pada Tabel di bawah ini.


Tabel  Prosedur Pembentukan Pengurus KKG dan MGMP
No
Kegiatan
Pelaksana
Uraian Kegiatan
1
Konsultasi ke UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten (di Kecamatan) atau  Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota
Sekelompok guru inisiator
Kepala sekolah masing-masing menghubungi UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten di Kecamatan (untuk KKG), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota (untuk MGMP)  membicarakan pembentukan pengurus baru KKG atau MGMP.
2
Penyusunan Proposal/Permohonan
Sekelompok guru inisiator
Menyusun proposal pembentukan KKG atau MGMP  dan disampaikan ke UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten (di Kecamatan), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
3
Rapat Pembentukan
Sekelompok guru inisiator
Menyelenggarakan rapat pembentukan KKG atau MGMP dengan mengundang seluruh guru  diwilayahnya. (8 – 10 sekolah atau disesuaikan dengan kondisi setempat).
4
Pemilihan Pengurus
Anggota  KKG/MGMP
Menyelenggarakan rapat anggota untuk memilih pengurus KKG atau MGMP yang terdiri dari: Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Bidang–bidang. 
6
Penyerahan Susunan Pengurus
Ketua KKG/MGMP
Menyerahkan susunan pengurus KKG terpilih oleh Ketua KKG/MGMP kepada Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten (di Kecamatan) untuk disahkan. Sedangkan pengurus MGMP terpilih oleh tim formatur kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk disahkan.
7
Pengesahan
Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
Mensahkan pengurus KKG terpilih oleh Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten (di Kecamatan). Mensahkan pengurus MGMP terpilih oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar